Satu orang 'alim yang dapat diambil manfa'at ilmunya, itu lebih baik daripada seribu orang yang ahli beribadah (HR. Addailami dari 'Ali bin abi Tholib)

Abu dzar ra. menceritakan. Muhammad Rasulullah SAW bersabda, “ Hai Abu Dzar, jika engkau pergi lalu mempelajari satu ayat dari kitab Alloh adalah lebih baik bagimu dari pada kamu shalat 100 rakaat. Jika engkau pergi lalu mempelajari suatu bab ilmu yang dapat diamalkan adalah lebih baik bagimu dibanding kamu shalat 1000 rakaat”. [HR. Ibnu Majah]

Keutamaan ahli ilmu terhadap ahli ibadah seperti keutamaanku terhadap yang terendah di antara kamu." Lalu beliau berkata: "Allah dan para malaikat dan penduduk langit dan bumi, hingga semut dalam lubangnya dan ikan mengirimkan sholawat pada orang-orang yang ngajari manusia kebaikan (HR. At Tarmidzi)

Orang yang 'alim, ilmu, amal, itu berada di dalam surga, apabila ada orang alim yang tidak mengamalkan apa yang dia ketehui, maka yang masuk ke dalam surga hanya ilmunya, sementara dia dilemparkan ke dalam api neraka (HR. Addailami)

Imam Baihaqi meriwayatkan dari Abu Bakar RA : Apabila satu kaum berbuat kemaksiatan, lalu di tengah mereka ada segolongan orang yang mulia (alim), tetapi tidak mengubah atau mencegah orang-orang yang berbuat maksiat tersebut, maka ALLAH akan menurunkan bencana atas mereka, lalu bencana itu tidak ada yang bisa menghentikan atau menolaknya dari mereka.

Senin, 24 Mei 2010

PINTU-PINTU SURGA

Kali ini kita akan menyampaikan beberapa macam amalan ibadah yang bisa membawa kita menuju ke pintu surgaNya.
Semoga kita bisa meningkatkan ibadah kita tanpa pilih kasih mana yang berat dan mana yang ringan, mana yg lebih dulu kita lakukan dan mana yang tidak. Karena kita tidak tahu ibadah kita yang mana yang akan diterima oleh Alloh kelak.... subhanalloh.

Dalam sabdanya Nabi menerangkan bahwa pintu surga itu ada 8
Setiap orang yang ahli beramal baik akan memasuki di antara pintu-pintu tersebut, tergantung dari amal apa yang dikerjakan.

Diantaranya adalah Bagi orang yang ahli berpuasa, akan masuk surga lewat pintu khusus yang bernama baburroyan, yang tidak satu orangpun bisa memasukinya selain mereka. Kemudian mereka dipanggil, mana orang2 yang ahli berpuasa, maka mereka langsung masuk ke pintu itu. Setelah mereka masuk semua, seketika pintu itu langsung ditutup.

Kemudian ada juga pintu yang namanya babuddhuha (dhuha). Pintu ini dikhususkan bagi orang-orang yang ahli mengerjakan sholat dhuha.
Ketika mereka dipanggil, dimanakah orang-orang yang selalu mengerjakan sholat dhuha? Ini pintumu, masuklah kalian berkat rahmat ALLOH melalui pintu ini.
Merekapun berbondong-bondong memasukinya.

Ada lagi babussholat (sholat), yaitu pintu surga yang dikhususkan bagi orang-orang yang selalu mengerjakan sholat.

Begitu juga dengan pintu jihad, pintu shodaqoh dll.
Pintu-pintu itu akan dibuka untuk orang-orang yang mengistiqomahkan amalan-amalan yang baik ketika di dunia.

Tapi ada sabda nabi yang agak menarik, yaitu barang siapa yang wudlu dan menyempurnakan wudlunya, kemudian dia membaca doa wudlu ”asyhadu ALLAH ilaaha illallah wahdahu laa syariykalah lahulmulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syain qodiir..... dst. maka pintu-pintu surga akan dibuka untuknya dari mana saja dia masuk.

Begitu juga hadits yang menyatakan orang perempuan yang mengerjakan sholat lima waktu, puasa romadlon, menjaga kemaluannya, taat pada suami, maka dikatakan padanya, masuklah ke dalam surga melalui pintu yang mana saja.
masya Alloh.... tinggal kita mau milih yang mana?

semoga kita dapat mengerjakan salah satu amalan di atas dengan benar istiqomah.... Amiin ya Robb

ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepadaMu surga dan aku berlindung kepadaMu dari siksa api neraka

dikirim oleh Ust Saiful Rijal Zein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar